MENGAJAR DENGAN PENDEKATAN PERSUASIF

Praktik baik dalam aplikasi merdeka mengajar menjadi salah satu materi baik mendorong timbulnya Inovasi dan Kreativitas pada diri peserta didik karena mereka bebas untuk memiliki dan Mengeksplorasi berbagai Sumber Belajar dan Budaya mereka masing-masing. Contoh, saya akan menceritakan tentang keadaan siswa siswi saya, yang dimana  sangat berbeda antara Kelas 8A dan kelas 8B. Dan saya disini ingin membahas permasalahan siswa siswi saya di kelas 8A . Situasinya: saya masuk di Kelas 8A dan tidak lupa saya membawa salam kepada anak murid saya, kemudian itu saya mengajarkan mereka berdoa dulu sebelum melakukan proses pembelajaran. Setelah itu saya harus dapat menguasai keadaan dalam kelas dan melakukan apsensi, dan dapat dilihat tingkat kehadiran kelas 8A sangat menurun dibandingkan kelas 8B. Dan sebelum saya masuk di materi,  saya harus memberikan pengarahan yang bisa mereka pahami tentang disiplin, baik disiplin waktu misalnya jam 07.15  masuk sekolah maka anak murid harus belajar memanfaatkan waktu sebaik-baikya agar  tepat waktu  dalam  kehadiran di Sekolah, jadi saat jam pukul 07.10 anak murid sudah berada di sekolah. Selain disiplin saya juga terapkan tentang Kejujuran juga sangat penting untuk ditanamkan kepada siswa siswi, karena kejujuran adalah Infetasi berharga terciptanya Komunikasi dan menjadikan manusia yang jujur untuk berbagai sisi kehidupan. Tantangan, baru saja saya ingin memberikan materi kepada murid saya di kelas 8A semangat mereka langsung menurun , dikarenakan bagi mereka belajar IPS  adalah suatu hal yang membosangkan karena banyak soal ceritanya, dan juga melihat soal yang panjang dapat membingukan bagi mereka. Di sisi lain soal cerita itu mempunyai peran yang penting bagi mereka agar siswa siswi dapat mengelola pengetahuan mereka dan meresap apa yang sedang di bahas atau ditanyakan dalam materi dan soal. Aksi Nyata, yang saya hadapi sekarang adalah dengan cara memberikan nasehat terhadap siswa siswi tentang kehadiran, disiplin, dan kejujuran, dan sekarang siswa siswi itu sudah ada perubahannya dengan tingkat kehadiranya siswa sudah  lebih meningkat seperti kelas 8B dan juga tentang disiplinya atau kejujuran itu sudah mecapai 80%. (TAKWA, S.Pd)