EXCLUSIVE! Visitasi oleh Fasilitator PSP 2 di SMPN 14 Kota Bima
Kota Bima, 3 September 2024 — SMPN 14 Kota Bima menerima kunjungan khusus dari Bapak Syarifudin, S.Pd., M.App.Ling., Fasilitator Program Sekolah Penggerak (PSP) 2. Kunjungan ini tidak hanya berupa diskusi/evaluasi rutin, tetapi juga melibatkan kegiatan berkeliling sekolah serta mengunjungi laboratorium inovasi yang dirancang khusus oleh pihak sekolah. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya SMPN 14 untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memperkenalkan metode pembelajaran terkini.
Kegiatan dimulai dengan perkenalan Bapak/Ibu guru dan staf serta diskusi ringan. Kemudian dilanjutkan dengan observasi langsung di kelas-kelas yang berlangsung di SMPN 14. Bapak Syarifudin melihat berbagai metode pengajaran yang diterapkan oleh para guru dan berinteraksi dengan siswa untuk mendapatkan feedback langsung mengenai pengalaman belajar mereka. “Kami sangat menghargai kesempatan ini untuk melihat langsung bagaimana SMPN 14 mengimplementasikan kurikulum merdeka. Ini adalah momen penting bagi kami untuk memberikan umpan balik yang relevan dan mendukung upaya peningkatan yang sedang dilakukan sekolah,” ungkap Bapak Syarifudin.
Setelah observasi, kegiatan dilanjutkan dengan tur keliling sekolah. Bapak Syarifudin didampingi oleh Ibu Ira Mulyati, serta beberapa staf pengajar, mengunjungi berbagai fasilitas sekolah. Tur ini mencakup ruang kelas, perpustakaan, dan area olahraga, serta berakhir di laboratorium inovasi yang baru saja dirancang khusus oleh pihak sekolah. Laboratorium ini dirancang untuk mendukung pembelajaran berbasis teknologi dan eksperimen, serta untuk mengembangkan keterampilan praktis siswa di berbagai bidang. Salah satu inovasi yang diluncurkan oleh SMPN 14 Kota Bima adalah RASO MAG (geRAkan Sampah nOl dengan MAGgot) dan telah berjalan selama kurang lebih 6 bulan. Inovasi RASO MAG terintegrasi dengan projek penguatan profil pelajar pancasila dengan tema Rekayasa dan Teknologi sebagai sarana untuk melatih siswa berpikir kreatif, berinovasi, dan berempati dalam merekayasa produk berteknologi guna memudahkan kehidupan masyarakat.
Selama kunjungan ke laboratorium inovasi, Bapak Syarifudin berkesempatan berinteraksi dengan para guru yang menjelaskan bagaimana mereka menggunakan laboratorium untuk memfasilitasi pembelajaran dan memberikan pengalaman praktis kepada siswa. “Laboratorium ini adalah contoh nyata dari inovasi dalam pendidikan. Saya sangat mengapresiasi bagaimana SMPN 14 telah merancang ruang yang mendukung kreativitas dan eksperimen siswa. Ini adalah langkah penting menuju pembelajaran yang lebih kontekstual dan relevan dengan kebutuhan masa depan,” kata Bapak Syarifudin.
Kepala SMPN 14 Kota Bima, Bapak Fris Wahyuddin, S.Pd., M.Si, menyatakan kebanggaannya atas kunjungan ini. “Kami merasa sangat terhormat menerima kunjungan dari Bapak Syarifudin. Kunjungan ini memberikan dorongan dan motivasi tambahan bagi kami untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas pendidikan di SMPN 14. Kami juga sangat bersyukur atas umpan balik yang diberikan, yang akan kami gunakan untuk memperbaiki dan menyempurnakan program-program kami.”
Sebagai penutup dari visitasi yang penuh makna ini, Bapak Syarifudin, S.Pd., M.App.Ling., menyaksikan secara langsung proses pemungutan suara calon ketua dan wakil OSIS di SMPN 14 Kota Bima. Momen ini menonjolkan partisipasi aktif siswa dalam kegiatan demokrasi sekolah, yang merupakan bagian penting dari pengembangan kepemimpinan dan keterampilan organisasi mereka. Bapak Syarifudin mengamati dengan seksama bagaimana siswa berpartisipasi dalam pemilihan, memberikan suara mereka dengan penuh antusiasme dan tanggung jawab. Beliau memberikan apresiasi terhadap proses pemilihan yang terorganisir dengan baik, dan menilai bahwa keterlibatan siswa dalam kegiatan ini merupakan indikator positif dari iklim demokrasi dan keterlibatan sekolah. Penutup visitasi ini menegaskan komitmen SMPN 14 untuk mendukung pengembangan karakter dan kepemimpinan siswa sebagai bagian integral dari pendidikan mereka.
Dengan adanya kunjungan ini, SMPN 14 Kota Bima diharapkan dapat melanjutkan komitmennya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan memperkenalkan metode pembelajaran yang lebih efektif dan relevan. Ini merupakan langkah penting dalam perjalanan sekolah menuju prestasi yang lebih tinggi dan memberikan kontribusi positif bagi pendidikan di tingkat lokal maupun nasional.